Hasil Observasi Tilawah

Alhamdulillah hasil observasi Tilawah telah usai dilaksanakan, Senin, 17 Syawal 1439 H/ 1 Juli 2018. Meski ini khusus untuk santri baru, namun sesi ini dianjurkan juga untuk santri lama (kelas 2 dan 3 di jenjang SMP dan SMA). Ini adalah merupakan salah satu rangkaian acara MOS yang dilakukan selama 5 hari (1-5 Juli 2018).

Kami menerapkan pembiasaan anak untuk berinteraksi dengan al-Quran, dengan cara duduk minimal satu jam untuk membaca al-Quran. Pasca liburan, ketika anak-anak kembali terbiasa terpapar TV dan gadget, daya tahan berinteraksi dengan al-Quran biasanya melemah. Seperti biasa 30 menit pertama ada yang tertidur. Kali ini ada tiga anak tertidur untuk kemudian bangun dan membaca lagi. Membacanya harus dengan tartil, tajwid dan fashahah yang benar semampunya. Alhamdulillah banyak yang mampu duduk diam dan membaca selama satu jam tidak putus.

Santri baru menyelesaikan bacaan sebanyak 4 halaman (yang terendah) hingga 51 halaman (yang tertinggi) sekali duduk. Rata-rata 27 halaman dalam satu jam. Alhamdulillah. Bacaan santri secara umum sudah cukup baik, bahkan ada yang sangat baik.

Hanya santri kelas satu SMP masih perlu banyak bimbingan dan tambahan ilmu untuk tilawah. Masih sangat wajar, untuk itulah pentingnya belajar. Demikian, informasi seputar observasi Tilawah.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *