Masa Orientasi Santri Baru 2019

Ahad hingga Kamis (7-11 Juli 2019) dan Sabtu-Ahad (13-14 Juli 2019) adalah jadwal MOS (Masa Orientasi Santri) bagi santri baru. Beragam kegiatan diadakan. Tilawah, talaqqi tahfidz, game edukasi, kelompok diskusi, penampilan kreativitas santri, materi adab, praktek ibadah, dan nobar film seputar dakwah dan Islam.

Tujuan MOS ini, selain mengenalkan santri seputar Pesantren Media, juga sebagai sarana menjalin keakraban antar santri. Ini semacam ‘pemanasan’ sebelum memulai KBM. Tilawah al-Quran pada hari Sabtu dan Ahad bertujuan mengukur daya tahan santri dalam membaca al-Quran. Ini erat kaitannya dengan konsentrasi dalam belajar nanti. “Jika tilawah al-Quran di bawah 1 jam sekali duduk, kemungkinan konsentrasinya kurang bagus,” ujar Ustazah Lathifah Musa, guru Pesantren Media yang mengarahkan para santri di acara MOS ini.

Materi Adab Belajar yang diambil dari Kitab Taa’li Mutaalim, disampaikan Ustaz Oleh Solihin. Materi Proses Berbikir, Tata Pergaulan, dan Praktek Ibadah (wudhu, shalat dan mandi wajib) dibimbing Ustazah Lathifah Musa. Talaqqi tahfidz al-Quran tahap awal untuk santri baru, dibimbing Ustaz Ahmad Murhaedi. Game edukasi dan tilawah diarahkan oleh Kak Fathimah NJL, alumni yang juga menjadi pembimbing santri akhwat di asrama dan mengajar mapel Public Speaking dan Pemrograman Radio. Panitia acara, seluruh santri senior (kelas 2 dan kelas 3).

“Semoga acara MOS berjalan sesuai harapan dan para santri bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini. Terjalin juga silah ukhuwah di antara seluruh santri. Ilmu yang didapat selama MOS dari guru semoga menjadi tambahan wawasan,” ujar Ustaz Oleh Solihin, Mudir Pesantren Media.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *