Perpisahan dan Rihlah 2018

Alhamdulillah, acara Perpisahan Santri Kelas 3 dan Rihlah untuk seluruh santri usai digelar. Bertempat di Anyer, Senin 28 Sya’ban 1439 H (14 Mei 2018). Tempat ini sengaja dipilih karena selain ingin mendapatkan suasana baru dalam acara tahunan ini, juga sebagai ‘ganti’ acara rihlah yang seharusnya dilakukan di akhir tahun 2017 kemarin yang terkendala cuaca.

Selain para santri, acara ini dihadiri oleh Ustaz O. Solihin, Ustaz EF Turmudzi, Ustaz Farid Abdurrahman, Ustazah Latifah Musa, dan juga keluarga besar Pesantren Media yang tinggal di pondok. Berangkat menggunakan 3 mobil pada Senin dinihari (sekira pukul 02:25). Masing-masing dikendarai Ustaz O. Solihin, Ustaz EF Turmudzi, dan Ustaz Farid. Di perjalanan lancar dan sempat melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid sebuah SPBU daerah Ciwandan, Cilegon. Usai melaksanan shalat Subuh berjamaah, dilanjut ke tempat acara yang berjarak sekira 10 km lagi dari tempat tersebut. Pantai Java, Anyer.

Sempat mencari tempat lain karena tempat tersebut masih diportal dan pengelolanya belum datang. Mungkin karena masih pagi. Namun, setelah melakukan survei di tempat lain, diputuskan untuk kembali ke tempat rencana semula karena dari segi kenyamanan dan suasana lebih menarik yang pertama. Ketika kami kembali, alhamdulillah sudah ada pengelolanya. Akhirnya kami menurunkan semua perbekalan dan menempati area yang akan dijadikan tempat istirahat dan pelaksanaan acara.

Ketika melihat suasana pantai, rasa lelah dalam perjalanan terobati. Buktinya, para santri dan guru langsung memanfaatkan untuk berinteraksi dengan air laut. Tentu saja, setelah sarapan terlebih dahulu. Sambil menunggu acara perpisahan yang akan digelar pada pukul 10:00, para santri langsung memilih bermain dengan gelombang di tepi pantai. Suka-cita terasa bebas lepas dalam menikmati karunia Allah Ta’ala ini.

Usai bermain air laut, seluruh santri dan guru menyiapkan tempat untuk Acara Perpisahan Santri Kelas 3 yang lulus tahun ini. Ada 5 santri yang berhasil menamatkan masa belajar di Pesantren Media, 4 santri jenjang SMA (Adam Aditya Pasha, Imam Fadly, Amilah Shalihah Army, dan Fathimah Nurul Jannah Leboe) dan seorang santri jenjang SMP (Hayatun Nufus). Meski acara sederhana, namun insya Allah bermakna dan bisa memberikan kenangan tersendiri bagi para santri.

Dalam acara tersebut, selain pembagian sertifikat dari para guru yang khusus diberikan kepada santri yang berhak mendapatkannya di setiap mapel, juga ada testimoni dari para santri yang lulus dengan menyampaikan kesan dan pesannya, serta ada nasihat dari para guru yang hadir.

Bakda Dhuhur hingga sore hari menjelang maghrib diisi acara bebas: makan siang, shalat, istirahat, dan kegiatan lainnya sambil menunggu pemandangan pantai kala matahari menjelang tenggalam. Sekira 15 menit menjelang Maghrib rombongan meninggalkan tempat untuk mencari masjid terdekat untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah, makan malam, dan melanjutkan perjalanan pulang ke pondok. Alhamdulillah, meski ketiga mobil berjalan masing-masing alias tidak konvoi lagi, semua sampai pondok secara berurutan dalam waktu yang tak terlalu jauh jarak kedatangannya. Semoga acara ini berkah dan membawa manfaat. Sampai jumpa di acara sejenis tahun depan. Insya Allah.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *