Wisata Literasi Islami ke Islamic Book Fair 2016

Rabu, 2 Maret 2016 beberapa santri Pesantren Media kelas 1 dan 2 tingkat SMP dan SMA mengadakan Wisata Literasi Islami ke event Islamic Book Fair ke-15 di Istora Senayan, Jakarta. Sengaja yang diiikutsertakan adalah kelas 1 dan kelas 2 SMP dan SMA karena kelas 3 SMP dan 3 SMA sedang ‘dikarantina’ untuk persiapan UPK (Ujian Pendidikan Kesetaraan) dan UN (Ujian Nasional).

Perjalanan ke arena IBF 2016 menggunakan 2 mobil yang dikemudikan Ustaz Oleh Solihin dan Ustaz Farid Abdurrahman. Para santri didampingi ustaz dan ustazah Penanggung Jawab Asrama. Berangkat pukul 08:00 dan karena macet, baru tiba di arena pukul 11:15. Sebelum berkeliling memburu buku incaran dan melakukan tugas reportase dan hunting foto, para santri dan pendampingnya melahap makanan yang sudah disiapkan dari pondok. Waktu yang disediakan untuk berbelanja sambil reportase dan hunting foto hanya 2 jam, Walau teorinya demikian, faktanya baru selesai menjelang pukul 15:00.

Agenda ke Islamic Book Fair ini adalah agenda rutin yang dicantumkan di Kalender Pendidikan Pesantren Media. Sehingga, jauh-jauh hari para santri sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti acara tersebut sebagai bagian dari program teknik media dalam mengenalkan khususnya idealisme literasi dan bisnis literasi. Ini momen penting agar santri bisa melihat suasana langsung dari pembelajaran yang selama ini dilakukan di Pesantren Media.

Semoga, bukan sekadar jalan-jalan sebagai refreshing saja, tetapi juga menjadi wisata literasi islami yang bisa memperkaya wawasan dan juga pengalaman, sembari mengerjakan tugas terkait pembelajaran teknik media selama ini. Sampai jumpa di IBF berikutnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *